Cara Sehat Alami Ibu Hamil

Diposting oleh E Mauli


http://carasehatalamiah.blogspot.com/
Cara Sehat Alamiah - Hamil merupakan ketentuan yang telah berlaku dalam siklus kehidupan dan Proses kehamilan yang sepenuhnya diemban oleh seorang calon ibu, merupakan sebuah tahapan kerja keras dan dihadapkan pada resiko. Membuat calon ibu berada di ambang ancaman, jika saja permasalahan tersebut tidak mendapatkan perhatian yang lebih tepat dan memadai  dari pihak semestinya.

Hamil juga merupakan dambaan setiap wanita yang menjadi kelangsungan keturunan kelak hingga terus menerus yang tiada habis nya, maka dari itu jika anda menginginkan kesehatan kehamilan terjaga dengan baik hingga proses persalinan ada baik nya anda ikuti beberapa tips atau cara sehat alamiah berikut ini, yang di dasari dari tahapan bulan per bulan, antara sebagai berikut : 

Bulan 1 :
Asam folat atau folium baik di konsumsi oleh ibu hamil pada  makanan yang mengandung asam folat sekitar 400 mg/hari, dan berkelanjutan hingga 12 bulan masa kehamilan. Manfaat dari asam folat ialah untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia, dengan mengkonsumsi asam folat dengan teratur maka penurunan resiko pada cacat nya janin berkurang sekitar 80%. 
Ada baiknya anda mengkonsumsi buah-buahan sebagai penghilang mual, dan tergantung buah apa yang anda mau konsumsi selama itu tidak mempengaruhi muds anda. Jauhi kegelisahan akan keguguran, karena perasaan itu sarat mengganggu kesehatan anda juga.

Bulan 2 :
Perhatikan dengan benar akan setiap makanan yang menjadi konsumsi sehari-hari, karena ketika anda hamil maka makanan yang anda konsumsi efekna lebih berdampak pada si janin. Ada baik menghindari kontak langsung dengan matahari/UV, karena sel pigmen pada kulit akan bekerja lebih cepat pada saat itu sehingga akan berefek pada hormon-hormon kehamilan.

Bulan 3 :
Makanan yang ber zat besi, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi  seperti : roti gandum, coklat, kol, biji-bijian dan sereal yang di sarankan. Fungsi dari zat besi sendiri adalah sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke setiap jaringan sel dalam tubuh sehingga menjadikan energi bagi kita.

Bulan 4 :
Perbanyak makanan yang mengandung karbohidrat protein dan kalsium, karbohidrat merupakan senyawa organik yang fungsi dan manfaatnya cukup banyak bagi tubuh diantara nya adalah sebagai cadangan energi yang berupa lemak dalam tubuh. Dalam fase ini ibu hamil di anjurkan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran yang segar tanpa kandungan peptisida kimiawi yang merusak pada ketahanan tubuh. Lakukan konsultasi secara berkala ke lembaga-lembaga kesehatan terdekat, khusus nya yang melayani tentang kehamilan.

Bulan 5 :
Cobalah untuk berolahraga sekitar 20-30 menit sehari atau sebagaimana mestinya, singkat nya seperti : Joging, Senam, Yoga, Peregangan, Renang dan lainnya. Olah raga bermanfaat ketika anda menjalani proses bersalin dan kerap menjauhkan anda akan efek samping yang pada umumnya di alami ibu hamil seperti : perut kembung dan mengantuk yang bukan pada saat nya.

Bulan 6 :
Lakukan pemijatan lama dan lembut pada bagian punggung agar menghilangkan rasa nyeri yang tak menentu, di bulan ini anda memasuki fase yang lebih memfokuskan kehamilan pada ketenangan fisik dan mental  atau menjauhkan sesuatu hal yang membuat anda stres. Ada baik anda menikmati setiap kegiatan dengan hal yang lebih ringan tanpa beban fisik maupun mental. Biasakan setiap waktu luang melakukan olah raga jari, tujuan nya untuk menghindari pembengkakan pada selangkangan.

Bulan 7 :
Pada fase ini anda di tuntut untuk lebih cermat dan seksama dalam memperhatikan kesehatan anda, beberapa hal diantara bisa dilihat ketika bagian tertentu mengalami perubahan yang tak wajar seperti kaki dan tangan membengkak, lelah yang tak karuan, gatal kronis dan nyeri pada pangkal antara pusat dan vigina. Jika itu terjadi maka segera konsultasikan ke yang semestinya.

Bulan 8 :
Cobalah untuk tetap rileks pada tahapan ini dengan aktifitas yang ringan dan bermanfaat tentunya dengan membaca majalah, mendengar lagu seperti terapi musik dan berendam dengan air hangat. 

Bulan 9 :
Bulan terkhir yang memang menjadi ketentuan atau fase dimana lahir nya bayi, adakalanya anda mempersiapkan diri untuk menjalni proses bersalin dan tetap rileks karena dalam hal ini anda kerap berhadapan dengan hal-hal yang membuat anda stres tanpa sebab. Tetap fokus dan tenang sembari menunggu proses kelahiran bayi. Pada tahapan ini ada baiknya anda di temani oleh suami, dengan begitu setiap anda merasa cemas bisa langsung memberitahukan keluhan anda, tips lakukan sesuatu yang wajar dengan membaca atau yoga, cobalah untuk berbaring secara menyamping sebelah kiri tekuk lutu dan letakkan sesuatu yang empuk diantara perut anda.
Momentum yang didapat pada tahap ini adalah, anda sebentar lagi menjadi seorang ibu dengan bayi mungil dan menggemaskan serta menjadikan nya harapan dari banyak nya harapan, nikmati hingga pada waktu nya datang (bersalin).

ARTIKEL TERKAIT:

{ 2 komentar... read them below or add one }

Berita Informasi mengatakan...

Perlu diketahui oleh ibu2 di seluruh indonesia nihh bro...mntap informasinya...!

Blog wapjo mengatakan...

kpan ya istriku hamill...

#g punya istri,, wkwkwkkkk

Posting Komentar

# Berkomentarlah dengan sesuai artikel
# Komentar promosi akan ditandai spam